Rabu, 27 Juni 2012

Makin Banyak Saja Orang Indonesia Kena Kanker, Kenapa Begitu?

Rabu, 27/06/2012 13:57 WIB

Ulasan Khas

Makin Banyak Saja Orang Indonesia Kena Kanker, Kenapa Begitu?

Vera Farah Bararah - detikHealt

Jakarta, Saat ini bisa dibilang orang Indonesia yang terkena kanker cenderung meningkat jumlahnya dan bisa menyerang orang yang masih muda. Kenapa makin banyak orang Indonesia yang kena kanker?

"Untuk di Indonesia angkanya makin meningkat antara lain karena kesadaran untuk berobat makin baik dan fasilitas kesehatan serta informasi yang makin luas," ujar dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk selaku Direktur Utama RS Kanker Dharmais, saat dihubungi detikHealth Rabu (27/6/2012).

dr Sonar menuturkan Badan Kesehatan Dunia atau WHO memang memprediksi di seluruh dunia dalam 15-20 tahun lagi beberapa jenis kanker akan mengalami peningkatan 2 kali lipat dari sekarang.

Sampai saat ini penyebab pastinya belum diketahui, tapi kemungkinan ada beberapa faktor yang dianggap berhubungan dengan meningkatnya jumlah penderita kanker seperti gaya hidup yang tidak sehat termasuk kurang olahraga, mengonsumsi makanan berlemak dan junk food serta merokok.

"Misalnya untuk kanker paru pada perempuan jumlah meningkat karena berhubungan dengan kenaikan jumlah perempuan yang merokok," ujar dr Sonar yang juga Staf pengajar Departemen Ilmu Bedah FKUI/RSCM.

dr Sonar menjelaskan umumnya kejadian kanker di negara Asia relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara barat khususnya untuk kasus kanker payudara, paru dan prostat.

Misalnya untuk kanker payudara yang terendah diantaranya di Jepang, tapi untuk kanker serviks jumlahnya masih cukup tinggi di Indonesia karena menjadi jenis kanker kedua terbanyak setelah kanker payudara.

"Selain itu relatif rata-rata usia kanker di Indonesia juga lebih muda, contohnya untuk kanker payudara disini bisa umur 45 tahun sedangkan di luar negeri biasanya lebih dari 55 tahun," ungkapnya.

Satu hal yang sebaiknya dipahami adalah pentingnya melakukan pemeriksaan deteksi dini untuk berbagai jenis kanker, karena tingkat kesembuhan dari suatu kanker akan jauh lebih tinggi jika ditemukan pada saat dini atau stadium nol yang mana kanker belum menyebar ke daerah lain.

Ini karena kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sel kanker ini bisa menyerang setiap bagian tubuh dan menyebar ke daerah sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar